Materi Kuliah

KLASIFIKASI MEDIA PENDIDIKAN
1.Klasifikasi
Media memiliki banyak jenis dan klasifikasinya. Dilihat dari pengadaan media pembelajaran, dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu media yang sudah tersedia di lingkungan sekolah atau tersedia di pasaran, dalam hal ini media dirancang secara khusus oleh perusahaan tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku, diproduksi secara massal, dan biasanya harganya relatif murah sehingga guru dengan mudah dapat memiliki dan menggunakannya karena media ini sudah siap pakai. Jenis media seperti ini disebut dengan media by utilization. Jenis media yang kedua disebut dengan media by design.Jenis media yang kedua ini menuntut guru atau ahli media untuk merancang media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran tertentu.
Masing-masing jenis media tersebut memiliki kelebihan dan keterbatasannya. Kelebihan dari media yang siap pakai adalah hemat dalam waktu, tenaga dan biaya untuk pengadaannya. Sebaliknya untuk mempersiapkan media yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan tertentu memerlukan banyak waktu, tenaga maupun biaya, karena untuk menghasilkan media media yang baik diperlukan pengujian kesahihan dan keandalannya melalui serangkaian kegiatan validasi prototipnya. Adapun kelebihan dari media ini adalah kecil kemungkinan untuk ketidak sesuaian antara media dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan dibandingkan dengan media siap pakai yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan, tujuan dan karakteristik materi serta siswa.
Pada saat pembelajaran, pernahkah Anda mengalami permasalahan bahwa ternyata media yang Anda gunakan kurang tepat? dalam kata lain hasil belajar siswa tidak meningkat, siswa tidak tertarik dengan media yang kita sajikan, atau siswa malah bingung dan tidak meningkat motivasi belajarnya, padahal kita sudah bekerja keras untuk membuat media tersebut. Atau Anda pernah merasa bingung untuk menentukan media apa yang harus Anda pilih untuk materi pembelajaran yang sudah Anda siapkan?. Permasalahan tersebut mungkin saja sering dialami guru karena banyaknya jenis media pembelajaran atau ingin memilih media pembelajaran yang lebih efisien namun hasilnya memuaskan. Tentu saja permasalahan tersebut tidak akan terjadi apabila Anda memahami bagaimana konsep prosedur dan model yang tepat dalam memilih media pembelajaran. Oleh karena itu, pelajarilah BBM ini dengan cermat, sehingga media yang anda gunakan benar-benar didasarkan atas prosedur pemilihan yang tepat, sehingga sesuai yang diharapkan

1. Santoso S. hmijaya; mengklasifikasikan media pendidkan(media instruksional edukatif) yang dikaitkan dengan teknologi pendidikan menurut penggunaanya:
a) Media dan teknologi pendidikan yang penggunaannya secara masal
b) Media danteknologi pendidikan yang metode penggunaanya secara individual
c) Media dan teknolgi pendidikan yang penggunaanya secara konvensional
d) Media dan teknologi pendidikan pada pendidkan modern
2. Klasifikasi menurut Gerlach dibagi menjadi 5 kategori umum menurut sifat benda yaitu;
a) Benda-benda asli danmunsia (reals materials and people
b) Gambar-gambar dan gambar yang disorotkan (visuals and projection)
c) Benda-bendayang didengar
d) Benda-benda cetakan
e) Benda-benda yang dipamerkan
3. Edgar dale mengklasifiksikan media instuksional edukatif berdasarkan penglaman belajar peserta didik yaitu dari yang bersifat konkret sampai yang bersifat abstrak.pengalaman-pengalaman itu meliputi :
a) Pengalaman melalui lambang kata-kata/verbal
b) Pengalaman melalui lambang visual (peta,diagram)
c) Pengalaman melui rekaman,radio, gambar
d) Pengalam melalui gambar/foto.album
e) Pengalaman melalui gambar hidup
4. Rudy Bretz, mengelompokkan media kedlaam tujuh kelas,yaitu:
a. Kelas1:media audio-motion-visual
b. Kelas2: media audio-still-visual
c. Kelas3: media audio- semination
d. Kelas 4: media motion –visual
e. Kelas 5:media still-visual
f. Kelas6: media audio
g. Kelas 7: media yang hanya mampu menampilkan informasi berupa simbol-simbol tertentu saja.
5. Duncan,ingin menjajarkan biaya investasi,kelangkaan dan keluasaan lingkup sasarannya disatu pihak dan kemudahan pengadaan sert a penggunaaan keterbatasan lingkup sasaran dan rendahnya biaya dalam pihak dengan tingkat kerumitan perangkat media dalam satu hierarki duncan disusun menurut tingkat kerumitan perangkat dan media yang dipergunakan.
6. Briggs,menyediakan 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar ,yaitu objek,media ,suara lansung, rekaman audio,media cetak,pembelajaran terporgram,pappan tulis, media tranparansi,film rangkai,film,televisi,dan gambar.
7. Gogne,tanpa menyebutkan jenis dari masing-masing medianya gogne membuat 7 mcam pengelompokkan media yaitubenda untuk didemontrasikan, komunikasi lisan,media cetak,,gambar diam,gambar gerak,film bersuar, dan mesin belajar .ketujuh kelompok media ini kemudian dikaitkan dengan kemampuan memenuhi fungsi menurut tingkatan hierarki belajar yang dikembangkannya yaitu pelantar,stimulus belajar,penrik minat belajar.
8. Edling, menurut edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar yaitu dua untuk pengalaman audiomeliputi kodifikasi subjektif visual dan kodifikasi objektif visual,dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang lain dan pengalaman langsung dengan benda –benda.
2. jenis dan krakteristk
1. Mdia grafis
a. Bagan /chart
Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konse yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual.
Sebagai metode yang balik,bagan haruslah:
1.dapat dimengerti anak
2. sedrhana dan lugas, tidak rumit atau berbelit-berbelit
3.diganti pada waktu –waktu tertentu agar selaintetap termasa(up to date)juga tak kehilangan daya tarik.
b. Media grafik ialah media yang membuat penyajian perlakuan data-data bilangna secara diagramatik
c. Media komik:media yang mempunyai sifat sederahana ,jelas,mudah dipahami danlebih bersifat personal sehingga berfungsi informatif dan edukatif
d. Media karikatur: bentuk informasi yang selain lucu jaga bersifat sendiran.
e. Media audio
a) Radio
Kelebihan media radio yaitu:
a. Harganya relatif murah dan variasi programnya lebih banyak dari pada TV
b. Rsdio dapat mengembnagkan daya imajinasi anak
c. Radio dapat memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang digunakan
d. Siaran lewat suara terbukti amat tepat/ cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa
1. Kelemahan media radio yaitu:
2. Sifat komunikasinya harga satu arah
3. Biasanya siaran disentralisaikan sehingga guru tidak dapat mengontrolnya
4. Penjadwalan pelajaran dan siaran sering menimbulkan masalah

b) Alat perekam padamagnetik
Kelebihan alat perekam
1. Pita rekaman dapat dihitung berulang-ulang tanpa mempengaruhi volume
2. Rekaman dapat dihapus secra otomatis dan pitanya bisa pakai lagi.
3. Program kaset memberikan efisiensi dalam pengarah bahasa
4. Program kaset bisa menimbulkan berbagai kegiatan (diskusi,dramatis,dan lain-lain)
Kelemahan:
1. Daya jangkaunya terbatas
2. Dari segi biaya pengadaanya bisa untuk sasaran yang banyak jauh lebih mahal.
c) Laboratorium bahasa
Adalah alat untuk melatih siswa mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran yang disiapkan sebelumnya,media yang dipakai adalah alat perekam.
f. Media Audio Visual
a. Televisi (tv)
Kelebihan:
1. Tv dapat menerima ,menggunakan dan mengubah atau membatasi semua bentuk media yang lain, menyesuaikannya dengan tujuan-tujuan yang akan dicapai
2. Tv merupakan medium yang manarik,modern dan selalu siap diterima oleh anak-anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar sekolah mereka
3. Tv dapat memikat perhatian sepenuhnya dari penonton seperti hanya film,tv menyajikan informasi visual dan lisan secara stimultan
b. Dvd
Kelebihan :
1)dapat menarik perhatian untuk priode-periode yang singkat dari rangsangan luar lainya
2) dengan alat perekam pita video sejumlah besar penonton dapat memperoleh informasi dari ahli-ahli / spesialis.
3)ruang tidak perlu gelap waktu menyajikannya
4)menghemat waktu dan perekam dapat dipu tar berulang-ulng
5)keras lemah suara yang ada bisa diatur dan disesuaikan bila akan disisipi komenter yang akan didengar.
4)Media Proyesi
e. Overhead proyektor transparant
Media transparansi atau overhead transparansi (OHT) sering kecil disebut dengan nama perangkat kerasnya yaitu OHP,media transparansi adalah media visual proyeksi ,yang dibuat diatas bahan transparant.
Kelebihan:
a. Lebih sehat daripada papantulis
b. Sepenuhnya dibawah kontrol guru
c. Menghemat tenaga danwaktu karena dapat dipakai berulang-ulang
d. Praktis dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas ruangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: