Teknik Pemilihan Media

TENIK PEMILIHAN MEDIA
Pemilihan media
1) Dasar pertimbangan dalam pemilihan media
Ditinjau dari kesiapan penggadaanya, media dikelompokkan dalam 2 jenis, yaitu media jadi karena sudah merupkan komoditi perdagangan dan terdapat dipasarkan luas dalam keadaan siap pakai ( media by utilization), dan media rancangan karena perlu dirancang dan dipersiapkan secra khusus untuk maksud atau tujuan pembelajran tertentu ( media by design) . kelebihan dari media jadi adalah hemat dalam waktu tenaga dan biaya untuk penggadaanya .sebaliknya mempersiapkan media yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu akan mmera baak waktenaga maupun biaya karena untuk mendapatkan keandalan dan kesahihanya diperlukan serangkaian kegiatan validasi prototipnya,
B. Dasar pertimbangan pemilihan media
Pada saat pembelajaran, pernahkah Anda mengalami permasalahan bahwa ternyata media yang Anda gunakan kurang tepat? dalam kata lain hasil belajar siswa tidak meningkat, siswa tidak tertarik dengan media yang kita sajikan, atau siswa malah bingung dan tidak meningkat motivasi belajarnya, padahal kita sudah bekerja keras untuk membuat media tersebut. Atau Anda pernah merasa bingung untuk menentukan media apa yang harus Anda pilih untuk materi pembelajaran yang sudah Anda siapkan?. Permasalahan tersebut mungkin saja sering dialami guru karena banyaknya jenis media pembelajaran atau ingin memilih media pembelajaran yang lebih efisien namun hasilnya memuaskan. Tentu saja permasalahan tersebut tidak akan terjadi apabila Anda memahami bagaimana konsep prosedur dan model yang tepat dalam memilih media pembelajaran. Oleh karena itu, pelajarilah BBM ini dengan cermat, sehingga media yang anda gunakan benar-benar didasarkan atas prosedur pemilihan yang tepat, sehingga sesuai yang diharapkan
Beberapa penyebab orang memilih media antara laiankarena:
a. Bermaksud mendemontrasikan seperti halnya pada kuliah tentang media.
b. Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan proyektor transparansi.
c. Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih kongkret.
d. Merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bila dilakukannya, misalnya untuk menarik minat atau gairah belajar siswa.
Jadi dasar pertimbangan untuk memilih suatu media sangatlah sederhana, yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak . mC.connel (1974) mengatakan bila media itu sesuai pakailah. “ if the medium fits, use it”!

Pertanyaan-pertanyaan praktis yang dapat diajukan dalam rangka pembelian medi jadi adalah sebagai berikut:
1. Apakah media yang bersangkutan relevan dengan tujuan pembelajran yang ingin dicapai?
2. Apakah ada sumber informasi, katalog dan sebagainya mengenai media yang bersangkutan?
3. Apakah perlu dibentuk tim untuk meriview yang terdiri dari para calon pemakai?
4. Apakah ada media dipasarkan yang telah divalidasikan?
5. Apakah media yang bersangkutan boleh direview terlebih dahulu?
6. Apakah tersedia format review yang sudah dibakukan?
C. Kriteria pemilihan
Menurut profesor Ely mengatakan bahwa pemilihan media seyogyanya tidak terlepas dari konteks bahwa media merupakan komponen dari sistem instrusional secara keseluruhan, faktor lain seperti karakteristik siswa, strategi belajar mengajar, organisasi kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilainya juga perlu dipetimbangkan. Dalam hubungan ini Dicky dan Carey (1978) menyebutkan bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan prilaku belajarnya, setidaknya masih ada 4 faktor lagi yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media:
1. Ketersedian sumber setempat .
Artinya,bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada, harus dibeli atau dibuat sendiri.
2. Apakah untuk membeli atau memproduksi sendiri tersebut ada dana tenaga dan fasilitasnya.
3. Faktor yang menyangkut keluwesan,kepraktisan dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama, artinya media bisa digunakan dimanapun dengan peralatan yang ada disekitarnya dan kapanpun serta mudah dijinjing dan dipindahkan.
4. Efektifitas biayanya dalam jangka waktu yang panjang.

Hakikat dari pemilihan media pada akhirnya adalah keputusan untuk memakai,ataumengadaptasi media yang bersangkutan.
D. Model/ prosedur pemilihan media
Bila dilihatdari bentuknya,cara-cara tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 model yaitu:
1. Flowchart yang menggunkan sistem pengguguran atau eliminasi dalam pengambil keputusan pemilihan.
2. Model matriks yang mengangguhkan proses pengambilan keputusan pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihannya diidentifikasi.
3. Model cheklist yang juga mengguhkan keputusanpemilihan sampai semua kriterinya dipertimbangkan.
Model checklis lebih sesuai untuk membakukan prosedur pemilihan media. Jadi, model matriks lebih serasi untuk digunakan dalam pemilihan media dirancangan, sedangkan model flowchart dapat digunakan baik untuk mengambarkan proses pemilihan media jadi maupun media rancangan
Anderson melihat pemilihan media sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan instruksional, untuk keperluan itu dan membagi media dalam sepuluh kelompok yaitu:
(a.) Media audio
(b.) Media cetak
(c.) Media cetak bersuara
(d.) Media proyeksi (visual) diam
(e.) Media proyeksi dengan suara
(f.) Media visual gerak
(g.) Media audio visual gerak
(h.) Objek
(i.) Sumber manusia dan linhkungan
(j.) Media komputer
Prosedur lain untuk pemlihan media dibuat dalam bentuk matriks seperti yang dikembangkan oleh wilbur schramm (1977) yang ingin melihat kesesuaian media dengan tingkat kesulitan pengendalian oleh pemakai,contoh lain yang juga mempergunakan pendekatan matrikas adalah model yang dikembangkan oleh allen. Allen melihat bahwa media media tertentu mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu terhadap yang lain untuk tujuan belajar tertentu dan sebaliknya.
Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
A. Alasan Teoritis
Alasan pokok pemilihan mdia dalam pembelajran,karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah sistem yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan. Upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajran ditunjang oleh media yang sesuai denagan materi. Strategi yang digunkan dan karakteristik siswa. Apabila ternyata hasil belajar tidak sesuai dengan harapan dalam kata lain hasil belajr siswa rendah,maka perlu ditelesuri penyebabnya dengan menganalisis setiap komponen. Sehingga kitadapat mengetahui faktor penyebabnya dengan lebih objektif.
Pentingnya pemilihan media dengan melihat kedudukan media dengan melihat kedudukan media dalam pembelajran dapat kita lihat dengan model sistem pembelajran yang dikemukakan oleh gerlach dan elly sebagai berikut

Sistem pembelajaran gerlach dan elly
Prosedur pengembangan pembelajaran menueut gerlach dan elly dengan menggunakan pendekatan sistem dapat dijelaskan bahwa perumusan tujuan instruksional merupakan langkah pertama dalam merencanakan pembelajaran sebagai rumusan tingkah laku yang harus dimiliki oleh siswa setelah selesai mengikuti pembelajran. Langkah kedua adalah merinci materi pembelajaran yang diharapkan dapat menunjang pencapaian tujuan yang telah ditentukan.
B. Alasan praktis pemilihan media
Alasan praktis berkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan sipengguna seperti guru,dosen,instruktur mengapa menggunakan media dalam pembelajaran.terdapat beberapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan olah Arif Sadiman(1996:84) adalah sebagai berikut:
a. Demontrasion :dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep,alat,objek,kegunaan,cara mengoperasikan dan lain-lain.media berfungsi sebagai alat peraga pembelajaran.
b. Famlirity, penguna media pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa ia mengunakan media,yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut,merasa sudah menguasai media tersebut, jika mengunakan media lain belum tentu biasa dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu,tenega,dan biaya.
c. Clarity, alasan ketiga mengapa guru menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit kriteria pemilihan media.
A.kriteria umum pemilihan media
Ada beberapa kriteria umum yang perlu diperhatikan dalam permilihan media.namun demikian secara teoritik bahwa setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan yang akan memberikan pengaruh kepada afektifitas program pembelajaran.
Kriteria umum sebagai berikut:
1. Kesesuaian dengan tujuan
2. Kesesuian dengan materi pembelajaran
3. Kesesuian dengan krakteristik pembelajaran atau siswa
4. Kesesuian dengan teori
5. Kesesuian dengan media pembelajaran
6. Kesesuian dengan kondisi lingkungan,fasilitas pendukung,dan waktu yang tersedia
B.kriteria khusus pemilihan media
Errckson (1993) memberikan saran dalam mengembangkan kriteria pemilihan dalam bentuk check list sebagai berikut:
1. Apakah materinya penting dan berguna bagi siswa
2. Apakah dapat menarik siswa untuk berlajar
3. Apakah ada kaitanya dan mengena secara langsung dengan tujuan pembelajaran
4. Bagaimana format penyajianya diatur? Apakah memenuhi tata urutan yang teratur?
5. Bagaimana dengan materinya,mutakhir dan authentik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: